HUBUNGAN ANTARA MINAT PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR DALAM KELOMPOK LINTAS MINAT MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG

Alief Kuswandani, Muhammad (2019) HUBUNGAN ANTARA MINAT PESERTA DIDIK DENGAN HASIL BELAJAR DALAM KELOMPOK LINTAS MINAT MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
REVISI SKRIPSI_MUHAMMAD ALIEF KUSWANDANI_152170091.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penentuan peserta didik dalam mengikuti kelompok lintas minat mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Margahayu ditentukan oleh kebijakan sekolah. Minat peserta didik dapat diukur melalui perhatian, perasaan senang, ketertarikan, dan keterlibatan. Minat peserta didik dalam proses belajar akan mempengaruhi hasil belajar. Hasil belajar dalam penelitian ini diketahui dari rata-rata penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester ganjil tahun ajaran 2018/2019. Minat peserta didik akan berhubungan dengan perolehan hasil belajar peserta didik. Namun kebenaran argumen ini perlu dibuktikan melalui penelitian agar diperoleh jawaban yang akurat. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi lapangan, kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Populasi responden terdiri dari 126 peserta didik yang mengikuti kelompok lintas minat mata pelajaran geografi dengan persentase sebesar 50% sehingga besaran sampel sebesar 63 peserta didik. Kemudian wawancara dilakukan kepada kepala sekolah dan guru mata pelajaran geografi yang mengajar pada kelompok lintas minat mata pelajaran geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat peserta didik dalam mengikuti kelompok lintas minat mata pelajaran geografi termasuk pada kategori sedang sebesar 61 peserta didik dan kategori tinggi sebesar 2 peserta didik dari total sampel 63 peserta didik. Perolehan hasil belajar pada kelompok lintas minat mata pelajaran geografi termasuk pada kategori tinggi dengan sebesar 63 peserta didik. Setelah dilakukan perbandingan dengan peserta didik kelompok peminatan ilmu-ilmu sosial diperoleh hasil bahwa kelompok lintas minat mata pelajaran geografi memiliki minat dan hasil belajar yang lebih tinggi, Kemudian dari hasil uji hipotesis menggunakan product moment pearson diperoleh nilai rhitung > rtabel atau 0,623 > 0,248. Dengan demikian menunjukan adanya hubungan antara minat peserta didik dengan hasil belajar dalam kelompok lintas minat mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Margahayu, dimana semakin tinggi minat peserta didik maka hasil belajar akan meningkat. Kata Kunci: Minat, Hasil Belajar, Geografi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:07
Last Modified: 14 Aug 2019 07:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/373

Actions (login required)

View Item View Item