ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DITINJAU DARI DIMENSI FRAUD DIAMOND PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Siswa SMA Se-Kota Banjar)

AENI, NURUL (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DITINJAU DARI DIMENSI FRAUD DIAMOND PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Siswa SMA Se-Kota Banjar). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. halaman judul.pdf

Download (116kB)
[img] Text
02. lembar pengesahan.pdf

Download (151kB)
[img] Text
05. abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
09. daftar isi.pdf

Download (98kB)
[img] Text
13. BAB 1 .pdf

Download (183kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (340kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Aeni. 2020. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DITINJAU DARI DIMENSI FRAUD DIAMOND PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Siswa SMA Se-Kota Banjar). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kecurangan akademik pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA se-Kota Banjar. yang ditinjau dari dimensi Fraud Diamond (tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan). Metode penelitian ini menggunakan survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan proportionate stratified random sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Jumlah populasi dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas X IPS dan XI IPS di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Banjar, SMA Negeri 2 Banjar dan SMA Negeri 3 Banjar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Tekanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. 2) Peluang/ Kesempatan memiliki pengaruh sebesar 7,58% terhadap perilaku kecurangan akademik. 3) Rasionalisasi memiliki pengaruh sebesar 17% terhadap perilaku kecurangan akademik. 4) Kemampuan memiliki pengaruh sebesar 33,12% terhadap perilaku kecurangan akademik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tekanan tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik pada mata pelajaran ekonomi sedangkan peluang, rasionalisasi dan kemampuan berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA se-Kota Banjar. Kata Kunci: Akademik, Diamond, Dimensi, Fraud, Kecurangan, Perilaku

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:35
Last Modified: 27 Dec 2021 04:35
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item View Item