AENI, NURUL (2020) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DITINJAU DARI DIMENSI FRAUD DIAMOND PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Siswa SMA Se-Kota Banjar). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. halaman judul.pdf Download (116kB) |
|
Text
02. lembar pengesahan.pdf Download (151kB) |
|
Text
05. abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
09. daftar isi.pdf Download (98kB) |
|
Text
13. BAB 1 .pdf Download (183kB) |
|
Text
14. BAB II.pdf Download (340kB) |
|
Text
15. BAB III.pdf Download (555kB) |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
|
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurul Aeni. 2020. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK DITINJAU DARI DIMENSI FRAUD DIAMOND PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada Siswa SMA Se-Kota Banjar). Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku kecurangan akademik pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA se-Kota Banjar. yang ditinjau dari dimensi Fraud Diamond (tekanan, kesempatan, rasionalisasi, dan kemampuan). Metode penelitian ini menggunakan survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan proportionate stratified random sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Jumlah populasi dalam penelitian ini menggunakan siswa kelas X IPS dan XI IPS di tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Banjar, SMA Negeri 2 Banjar dan SMA Negeri 3 Banjar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Tekanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik. 2) Peluang/ Kesempatan memiliki pengaruh sebesar 7,58% terhadap perilaku kecurangan akademik. 3) Rasionalisasi memiliki pengaruh sebesar 17% terhadap perilaku kecurangan akademik. 4) Kemampuan memiliki pengaruh sebesar 33,12% terhadap perilaku kecurangan akademik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tekanan tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik pada mata pelajaran ekonomi sedangkan peluang, rasionalisasi dan kemampuan berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik pada mata pelajaran ekonomi siswa SMA se-Kota Banjar. Kata Kunci: Akademik, Diamond, Dimensi, Fraud, Kecurangan, Perilaku
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 04:35 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 04:35 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3728 |
Actions (login required)
View Item |