PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Survey Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya)

HIDAYAT, SAEFUL (2019) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI (Survey Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI dan LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Saeful Hidayat. 2019. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi (Survey Pada Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Ciawi Kabupaten Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Yoni Hermawan, Drs., M.Pd. dan Astri Srigustini, S.Pd., M.Pd. Permasalahan pada penelitian dilatarbelakangi kurangnya minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan prestasi belajar terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian menggunakan metode survey explanatory. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ciawi berjumlah 146 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 146 siswa dengan sampel jenuh. Data yang diambil diperoleh melalui angket dan dokumentasi yang sebelumnya telah diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F uji R2 . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut: Y = 7,105 + 0,422 X1 + 0,376 X2 + 0,203 X3. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan prestasi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini terbukti berdasarkan regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,733 > ttabel sebesar 1,976 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,184 > ttabel sebesar 1,976 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) Prestasi belajar berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 2,393 > ttabel sebesar 1,976 dengan nilai signifikansi 0,018 < 0,05. (4) Lingkunan keluarga, Lingkungan sekolah dan Prestasi belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal ini terbukti berdasarkan analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 25,508 > Ftabel sebesar 2,6678 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0,350 atau sebesar 35,0%, sedangkan 65,0% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar, Minat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:37
Last Modified: 27 Dec 2021 04:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3716

Actions (login required)

View Item View Item