PERAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus di PAUD Sartika Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis)

SURYANA, ALMA NURBAITILLAH (2020) PERAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus di PAUD Sartika Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ALMA REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ALMA NURBAITTILAH SURYANA. 2020. PERAN ORANG TUA DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus di PAUD Sartika Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis). Jurusan Pendidikan Masyarakat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pendidikan agama dan moral penting diterapkan sejak anak usia dini untuk memberikan pondasi mental yang kuat. Cara yang digunakan orang tua terkait perannya terhadap anak harus benar-benar dijalankan sesuai dengan tugas-tugas yang semestinya dilakukan agar menjadi pandangan dalam mendidik anaknya. Penelitian ini dilakukan karena belum optimalnya peran orang tua dalam bidang Pendidikan dan keadan anak usia dini yang kurang mengenal nilai-nilai agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan peran orang tua dalam penerapan pendidikan agama pada anak usia dini di PAUD Sartika Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah orang tua berperan dalam penerapan agama pada anak yaitu sebagai pendidik pertama dan utama. Orang tua menjalankan semua perannya. Sejalan dari pada itu orang tua pun harus melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pendidikan seorang anak. Peran orang tua dalam penerapan Pendidikan agama yaitu (1) sebagai pendidik, pendorong, fasilitator dan pembimbing anak dalam hal bidang pendidikan, khusususnya bidang agama; (2) menjadi tauladan bagi anaknya, pemberi contoh yang baik membimbing dan mengarahkan ke arah yang lebih baik; dan (3) memfasilitasi semua kebutuhan dalam bidang pendidikan. Faktor pendukung proses penanaman nilai-nilai agama pada anak yaitu lingkungan keluarga dan sarana ibadah di dalam rumah. Faktor penghambat yaitu lingkungan sosial, televisi, bermain, dan waktu kebersamaan dengan anak yang minim. Kata kunci: Peran, Orang Tua, Pendidikan Agama, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:36
Last Modified: 27 Dec 2021 04:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item