HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA TERPADU RIYADLUL ULUM KOTA TASIKMALAYA

HIDAYAT, SYARIF (2021) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA TERPADU RIYADLUL ULUM KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SodaPDF-converted-DRAFT SKRIPSI SYARIF HIDAYAT_A4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK SYARIF HIDAYAT. 2020. HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA TERPADU RIYADLUL ULUM KOTA TASIKMALAYA. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Rendahnya hasil belajar yang dicapai peserta didik menyebabkan kualitas pendidikan dan sekolah menjadi rendah. Tinggi dan rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu faktor yang paling menentukan hasil belajar peserta didik adalah pengaturan diri pada peserta didik (self regulated). Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti secara empirik hubungan antara self-regulated learning dengan hasil belajar biologi pada peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 di SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XI MIPA tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 216 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 38 orang menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa angket self regulated learning yang telah tervalidasi dalam penelitian Paul R. Pintrich dan Elisabeth V. De Groot tahun 1990, dan nilai hasil belajar biologi diambil dari nilai raport ujian akhir semester peserta didik tahun ajaran 2019/2020. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,719. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara self regulated learning dengan hasil belajar dengan kategori hubungan yang kuat. Kontribusi dari self regulated learning terhadap hasil belajar sebesar 51,6%. Kata Kunci: Hasil Belajar; Self Regulated Learning; Korelasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:31
Last Modified: 27 Dec 2021 04:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3706

Actions (login required)

View Item View Item