PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP GAYA HIDUP HEDONIS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi)

AMALIAH, NENG DINI (2021) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP GAYA HIDUP HEDONIS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (189kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (257kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)

Abstract

ABSTRAK Neng Dini Amaliah. (2021). Skripsi. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Hedonis serta Implikasinya Terhadap Perilaku Konsumtif (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Dra. Hj. Heti Suherti, M.M dan Rendra Gumilar, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang termasuk dalam konsumen remaja tidak lagi rasional dalam memenuhi kebutuhannya sehingga membentuk perilaku konsumtif. Faktor yang diduga berpengaruh terhadap perilaku konsumtif diantaranya literasi ekonomi, media sosial dan gaya hidup hedonis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari literasi ekonomi dan media sosial terhadap perilaku konsumtif secara langsung maupun melalui gaya hidup hedonis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan desain yaitu survei eksplanatori. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 352 orang. Metode pengumpulan data menggunakan test dan kuesioner serta teknik analisis data menggunakan analisis jalur atau Path Analysis. Hasil Pengolahan data menunjukan: 1) Terdapat pengaruh secara negatif dan signifikan dari literasi ekonomi terhadap gaya hidup hedonis dengan nilai signifikansi 0,007. 2) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari media sosial terhadap gaya hidup hedonis dengan nilai signifikansi 0,000. 3) Tidak terdapat pengaruh secara signifikan dari literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,663. 4) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari media sosial terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000. 5) Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan dari gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif dengan nilai signifikansi 0,000. 6) Terdapat pengaruh secara signifikan dari literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif melalui gaya hidup hedonis dengan nilai t hitung > t tabel (-4,04 > 1,97). 7) Terdapat pengaruh secara signifikan dari media sosial terhadap perilaku konsumtif melalui gaya hidup hedonis dengan nilai t hitung > t tabel (8,10 > 1,97). Kata Kunci : Gaya, Literasi, Media, Perilaku

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:27
Last Modified: 27 Dec 2021 04:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item View Item