PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DAN KEDISIPLINAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey pada siswa kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

ASSA’ADAH, HALIMAH (2021) PENGARUH PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) DAN KEDISIPLINAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR (Survey pada siswa kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (371kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (402kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (610kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (536kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

ABSTRAK Halimah Assa’adah. (2021). Skripsi. Pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dan Kedisiplinan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar (Survey Pada Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 5 Tasikmalaya). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Drs. Syamsudin Arnasik, M.Pd dan Gugum Gumilar, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik yang cukup rendah bahkan dibawah nilai KKM yang sudah ditetapkan sehingga perlu untuk dilakukan penelitian mengenai faktor apa saja yang dapat mempengaruhi hasil belajar tersebut baik itu dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar diantaranya pedagogical content knowledge dan kedisiplinan mengajar guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pedagogical content knowledge terhadap hasil belajar. 2) Pengaruh kedisiplinan mengajar terhadap hasil belajar. 3) Pengaruh secara bersama-sama antara pedagogical content knowledge dan kedisiplinan mengajar guru terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survey dengan desain yaitu desain eksplanatori. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 177 orang. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa secara parsial (Uji t) diperoleh nilai t hitung = 6,037 > t tabel = 1,97 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga pedagogical content knowledge berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan kedisiplinan mengajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar diperoleh t hitung = 2,107 > t tabel = 1,97 dengan nilai signifikan 0,037 < 0,05. Sedangkan secara simultan (Uji f) diperoleh nilai F hitung = 46,887>F tabel = 3,05 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh positif secara bersama-sama pedagogical content knowledge dan kedisiplinan mengajar guru terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Belajar, Pengetahuan, Mengajar, Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 27 Dec 2021 04:27
Last Modified: 27 Dec 2021 04:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item