ERISNA, ASEP EDIS (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STORYBOARD TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Sejarah Materi Peran Perdagangan Antar Pulau Kelas X IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya Semester Genap Tahun Ajaran 2020/ 2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.Cover.pdf Download (67kB) |
|
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf Download (365kB) |
|
Text
3.Lembar Penguji.pdf Download (363kB) |
|
Text
4.PERNYATAAN.pdf Download (59kB) |
|
Text
5.HALAMAN PRIBADI.pdf Download (105kB) |
|
Text
6.ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text
7.ABSTRACT.pdf Download (87kB) |
|
Text
8.KATA PENGANTAR.pdf Download (97kB) |
|
Text
9.UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (34kB) |
|
Text
10.DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) |
|
Text
11.DAFTAR TABEL.pdf Download (31kB) |
|
Text
12.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (29kB) |
|
Text
13.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (30kB) |
|
Text
14.BAB 1.pdf Download (130kB) |
|
Text
15.BAB 2.pdf Download (254kB) |
|
Text
16.BAB 3.pdf Download (305kB) |
|
Text
17.BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
|
Text
18. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
|
Text
19.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kondisi awal sebelum menggunakan media storyboard pada mata pelajaran sejarah kelas X IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2020/ 2021. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah materi perdagangan antar pulau menggunakan media storyboard kelas X IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2020/ 2021. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran storyboard terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah materi perdagangan antar pulau kelas X IPA SMA Negeri 6 Tasikmalaya semester genap tahun ajaran 2020/ 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, yang akan menghasilkan data berupa angka-angka. Adapun jenis eksperimennya adalah desain quasi eksperimen, sementara desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design, desain ini dilakukan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada kelompok yang diujicobakan, pada desain ini kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dipilih secara random. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA di SMA Negeri 6 Tasikmalaya, sedangkan kelas yang digunakan untuk sampel yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner/ angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Terdapat kondisi awal sebelum menggunakan media storyboard yaitu dengan menggunakan modul pembelajaran, kegiatan pembelajaran memang berjalan baik akan tetapi antusias siswa sangat kurang. (2) Terdapat proses pelaksanaan pembelajaran sejarah materi perdagangan antar pulau menggunakan media pembelajaran storyboard. (3) Tidak ada pengaruh media pembelajaran storyboard pada pelajaran sejarah materi peran perdagangan antar pulau terhadap minat belajar siswa berdasarkan hasil analisis uji independent sample t-test yang menunjukan bahwa nilai t hitung dari posttest eksperimen dan kontrol yaitu 0,747 atau 1,159 sedangkan t tabelnya 2,000, juga dengan membandingkan nilai sig (2-tailed), menunjukkan hasil 0,458<0,05. Kata Kunci: Storyboard, Media Pembelajaran, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 05:04 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 05:04 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3673 |
Actions (login required)
View Item |