NURHIDAYAT, LUSSY (2021) PENGARUH VARIASI GAYA MENGAJAR GURU, KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran (2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Cover.pdf Download (125kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (148kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (736kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Lussy Nurhidayat. (2021). Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru, Kedisiplinan Peserta Didik dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Survey Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XII IPS SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran (2020/2021). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Dibawah bimbingan Drs. Suhendra, M.Pd dan Rendra Gumilar, M.Pd. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variasi gaya mengajar guru, kedisiplinan peserta didik dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan desain eksplanatori. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui penyebaran angket. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik Kelas XII IPS SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran (2020/2021) sebanyak 117 siswa dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, sehingga seluruh populasi dalam penelitian ini merupakan sampel penelitian. Hasil pengolahan data diperoleh bahwa variasi gaya mengajar guru, tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan kedisiplinan peserta didik dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Secara simultan variasi gaya mengajar guru, kedisiplinan peserta didik dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil analisis data dengan regresi linier berganda diperoleh persamaan , artinya variasi gaya mengajar guru, kedisiplinan peserta didik dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas XII IPS di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (i) secara parsial variasi gaya mengajar guru berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi yang terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0,547 (>0,05), (ii) secara parsial kedisiplinan peserta didik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan nilai signifikansi 0,002 (<0,05), (iii) secara parsial motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 (<0,05), dan (iv) variasi gaya mengajar guru, kedisiplinan peserta didik dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar terlihat dari nilai signifikan untuk uji F adalah 0,000 (0,05). Nilai R2 sebesar 0,505. Hal ini menunjukkan bahwa 50,5% hasil belajar ekonomi peserta didik dipengaruhi oleh variasi gaya mengajar guru, kedisiplinan peserta didik dan motivasi belajar, sedangkan 49,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Belajar, Kedisiplinan, Mengajar, Motivasi, Variasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Dedi Natawijaya . |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 02:17 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 02:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3668 |
Actions (login required)
View Item |