PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI MIA 1 MAN 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020

NIZAR, HAMDAN (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI MIA 1 MAN 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Handan fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK HAMDAN NIZAR. 2020. PENGARUH METODE PEMBELAJARAN CARD SORT TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS MIA 1 MAN 3 TASIKMALAYA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penulisan skripsi ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode card sort terhadap minat belajar siswa kelas XI MIA 1 MAN 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan yaitu pre-eksperimen dengan menggunakan design penelitian one group pretest-posttest.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 siswa. Sampel dalam penelitian di kelas XI MIA 1 MAN 3 Tasikmalaya sebanyak 29 siswa. dengan pengambilan sampel purposive sampling. Intrumen penelitian yaitu angket atau kusioner jenis likert serta dokumentasi. Teknis analisis data diolah melalui tahap, uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh terhadap minat belajar siswa setelah melakukan uji normalitas dengan nilai Sig. pretest dan posttest berjumlah 0,388 dan 0,727. Nilai uji homogenitas dengan Sig.0,810. Disamping itu nilai uji hipotesis Sig.0,029<0,05 artinya terdapat pengaruh minat belajar hasil olah data aplikasi SPSS for windows di kelas XI MIA 1 MAN 3 Tasikmalaya Kata kunci: Metode card sort, minat belajar, pembelajaran sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:16
Last Modified: 24 Dec 2021 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3665

Actions (login required)

View Item View Item