PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DISCOVERY LEARNING (DL) (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya)

ALFI, NURUL FAHMI (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PENALARAN MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN DISCOVERY LEARNING (DL) (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
DAFTAR ISI (2).pdf

Download (155kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan komunikasi dan penalaran matematik peserta didik antara yang menggunakan model Problem based learning (PBL) dengan Discovery Learning (DL); untuk mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan model Discovery Learning (DL); serta untuk mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan penalaran matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan model Discovery Learning (DL). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 11 Tasikmalaya tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 2 kelas. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran PBL dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model DL. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan (1) kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model discovery Learning (DL (2) Kemampuan penalaran matematik peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model Discovery Learning (DL) Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Model Discovery Learning (DL), Kemampuan Komunikasi Matematik, Kemampuan Penalaran Matematik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:16
Last Modified: 24 Dec 2021 02:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3655

Actions (login required)

View Item View Item