ANALISIS PROMOSI PADA PENJUALAN PRODUK DI POSSIBLE DEPARTEMENT (CLOTHINGSTORE) TASIKMALAYA

Suryana, Mochamad Ilham Fauzi (2020) ANALISIS PROMOSI PADA PENJUALAN PRODUK DI POSSIBLE DEPARTEMENT (CLOTHINGSTORE) TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
File skripsi terbaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan promosi pada penjualan produk di Possible Departement (Clothing Store) Tasikmalaya, dengan mengumpulkan informasi aktual secara rinci, mengidentifikasi masalah pelaksanaan promosi dan penjualan produk di Possible Departement, kemudian membuat perbandingan atau evaluasi. Dapat diketahui bahwa promosi mempunyai peran penting dalam usaha bisnis agar meningkatnya volume penjualan dan awareness. Fungsi promosi yaitu menyampaikan pesan visual kepada calon konsumen dengan menawarkan produk, agar kegiatan promosi dapat berjalan dengan baik maka hal yang harus diperhatikan adalah: divisi humas, divisi pemasaran dan divisi periklanan, apabila ketiganya dapat terlaksana dengan baik maka output yang dirasakan akan terasa maksimal dari segi penjualan dan awareness nya. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori promosi, teori sponsorship dan teori penjualan produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dengan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder yang terdiri dari laporan administrasi usaha bisnis dan hasil wawancara kepada Pemilik, karyawan, konsumen dan pesaing. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu peneliti sendiri sebagai instrument pertama, pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan model miles dan Huberman yaitu data reduction, data display dan conclusion drawing. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan promosi dalam Periklanan (Advertising, dapat dikatakan berjalan dengan baik dengan lebih memaksimalkan periklanan secara digital (online). Pelaksanaan Penjualan Langsung (Personal Selling) pada saat event terlaksana cukup baik, dalam penawaran yang diberikan selalu memberikan informasi mengenai spesifikasi produk dan dapat menangani penolakan penjualan dengan cara memberikan diskon apabila membeli dua produk Possible. Pelaksanaan Penjualan Promosi (Sales Promotion), persiapan mengenai budget pelaksanaan promosi disiapkan dengan baik, namun yang menjadi hambatan adalah kurangnya sumber daya manusia pada divisi pemasaran dan design. Pelaksanaan Publisitas (Publicity), penyebarluasan mengenai informasi upcoming event (acara promosi yang akan datang) dan hasil dari pencapaian acara promosi yang telah dilakukan Possible terlaksana dengan baik, karena selalu mengupdate/mempublish satu bulan satu kali melalui media sosial Possible, dengan harapan masyarakat mempunyai penilaian baik terhadap Possible. Kata kunci: Promosi, Penjualan Produk, Clothing Store.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 23 Dec 2021 07:31
Last Modified: 23 Dec 2021 07:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3651

Actions (login required)

View Item View Item