PERBANDINGAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL KURIKULUM NASIONAL dan TERPADU TERHADAP MOTIVASI dan HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI SEMESTER GENAP (Studi Komparasi Kelas XI di SMAN 9 dan SMA Al-Mutaqin Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019-2020)

FITRI, EKA SILVIYA (2020) PERBANDINGAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL KURIKULUM NASIONAL dan TERPADU TERHADAP MOTIVASI dan HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOLOGI SEMESTER GENAP (Studi Komparasi Kelas XI di SMAN 9 dan SMA Al-Mutaqin Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019-2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi fiks Eka Silviya Fitri 162154027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK EKA. 2020. Perbandingan Program Full Day School Kurikulum Nasional Dan Terpadu Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Biologi Semester Genap(Studi Komparasi Kelas Xi Di Sman 9 Dan Sma Al-Mutaqin Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019-2020) Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini membahas tentang motivasi dan hasil belajar peserta didik di dua sekolah yang berbeda yakni SMAN 9 sebagai sekolah full day school kurikulum nasional dan SMA A-Muttaqin sebagai sekolah terpadu, yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi semester genap antara SMA full day school kurikulum nasional dan sekolah terpadu. Penelitian ini dilakukan di SMAN 9 dan SMA Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 dengan populasinya adalah seluruh kelas XI MIPA yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah 131 peserta didik di SMAN 9 dan 153peserta didik di SMA Al-Muttaqin dan sampel diambil dari kelas XI di masing�masing sekolah, yakni 30 peserta didik kelas XI dari SMAN 9 dan 30 peserta didik kelas XI dari SMA Al-Muttaqin yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan komparatif. Teknik pengumpulan dengan mengumpulkan data nilai semester genap yang diperoleh dari guru biologi dan menggunakan instrumen angket yang dibagikan kepada kelas sampel. Berdasarkan hasil penelitan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar peserta didik di SMA full day school kurikulum nasional dan terpadu. Hal ini terbukti berdasarkan uji hipotesis ( two way anova ) yang mana diketahui bahwa interaksi sekolah*variabel < taraf signifikasi yaitu 0,024<0,05 , dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Kata Kunci: Full day school; Kurikulum Nasional; Kurikulum Terpadu; Motivasi; Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 23 Dec 2021 07:18
Last Modified: 23 Dec 2021 07:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3646

Actions (login required)

View Item View Item