HUBUNGAN ANTARA SOCIO SCIENTIFIC ISSUESS (SSI) DENGAN NATURE OF SCIENCE (NOS) PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

GEOPANY, ILMI OCTAVIANI (2021) HUBUNGAN ANTARA SOCIO SCIENTIFIC ISSUESS (SSI) DENGAN NATURE OF SCIENCE (NOS) PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI ILMI fix-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK ILMI OCTAVIANI GEOPANY. 2021. HUBUNGAN ANTARA SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) TERHADAP NATURE OF SCIENCE (NOS) PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara socio scientific issues dengan nature of science peserta didik pada materi ekosistem kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan populasi seluruh kelas XI MIPA sebanyak 8 kelas dan sampel sebanyak 1 kelas berjumlah 36 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yang dibuktikan dengan rata-rata nilai ulangan harian. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen nontes kuesioner socio scientific issues dan tes soal uraian nature of science. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi kuesioner socio scientific issues berjumlah 13 pernyataan mengenai isu-isu kontroversial pada materi ekosistem dan tes uraian View of nature of science form B (VNOS-B) untuk mengukur nature of science peserta didik diadaptasi oleh Lederman, et.al. (1998) dan telah dimodifikasi berjumlah 14 soal. Data dianalisis menggunakan korelasi bivariat. Hasil dari penelitian ini diperoleh signifikansi 0,00 < (0,05) yang mengindikasikan terdapat hubungan antara socio scientific issues dengan nature of science dan 0,729 sebagai nilai korelasi. Kesimpulan dari analisis ini bahwa terdapat hubungan yang positif antara socio scientific issues dengan nature of science dengan tingkat korelasi tinggi, hal ini karena terdapat beberapa faktor selain socio scientific issues yang memberikan pengaruh terhadap nature of science. Maka disarankan kepada peneliti lain untuk melakukan penelitian terhadap faktor-faktor yang dapat menentukan kualitas socio scientific issues dan nature of science peserta didik. Kata-kata kunci : Hubungan; socio scienific issues; nature of science

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:11
Last Modified: 23 Dec 2021 04:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3627

Actions (login required)

View Item View Item