PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL SELF EFFICACY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN MELALUI FINANCIAL TECHNOLOGY (Survei pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2018)

NOPIYANI, MELI (2021) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FINANCIAL SELF EFFICACY TERHADAP INKLUSI KEUANGAN MELALUI FINANCIAL TECHNOLOGY (Survei pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2018). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (46kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4. KATA PENGATAR_DAFTAR ISI_DAFTAR TABEL_DAFTAR GAMBAR_DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (228kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK MELI NOPIYANI. 2021. Pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Self Efficacy Terhadap Inklusi Keuangan Melalui Financial Technology (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2018). Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Di bawah bimbingan Drs. H. Yoni Hermawan, M.Pd. dan Raden Roro Suci Nurdianti, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu inklusi keuangan. Hal tersebut berhubungan dengan tingkat literasi dan kemampuan financial self efficacy yang dimiliki mahasiswa masih rendah sehingga terjadi gap yaitu mereka menggunakan akses layanan ataupun produk keuangan akan tetapi masih belum paham mengenai manfaat, fungsi dan risikonya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan financial self efficacy terhadap inklusi keuangan melalui financial technology pada mahasiswa FKIP angkatan 2018 Universitas Siliwangi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis survei dengan desain survei eksplanatori. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan kuesioner skala likert. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 1.146 mahasiswa FKIP. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 296 orang dengan pengambilan sampel menggunakan probability sampling (random sample) dengan teknik sample random sampling. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh Literasi Keuangan dan Financial Self Efficacy secara langsung terhadap Financial Technology dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, terdapat pengaruh secara langsung Literasi Keuangan terhadap Inklusi Keuangan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05, Financial Self Efficacy tidak memiliki pengaruh langsung terhadap Inklusi Keuangan karena nilai signifikansi > 0.05 yaitu 0.536 dan Financial Technology memiliki pengaruh secara langsung terhadap Inklusi Keuangan dengan nilai signifikansi 0.001 < 0.05. Selain itu, Literasi Keuangan dan Financial Self Efficacy berpengaruh secara tidak langsung terhadap Inklusi Keuangan melalui Financial Technology dengan nilai thitung masing-masing adalah 3.75 dan 2.77 > dari ttabel yaitu 1.97. Kata Kunci: Literasi keuangan, Financial Self Efficacy, Inklusi, FinTech.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:31
Last Modified: 23 Dec 2021 03:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item