PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X MA-YIA Panembong Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Amelia, Meli (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X MA-YIA Panembong Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Meli Amelia_162121108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Menganalisis dan mengonstruksi teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas X. Meskipun demikian, pada kenyataannya masih banyak peserta didik kelas X MA-YIA Panembong, Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 yang belum mampu menganalisis dan mengonstruksi teks eksposisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menganalisis dan mengonstruksi teks eksposisi pada peserta didik kelas X MA-YIA Panembong, Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik tes (tes pengetahuan berupa menganalisis struktur dan kebahasaan serta tes keterampilan berupa mengonstruksi teks eksposisi), teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa terdapat peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik dari siklus kesatu ke siklus kedua. Pada siklus kesatu, peserta didik yang tidak aktif sebanyak 12 orang (40%), peserta didik yang tidak bersungguh-sungguh sebanyak 8 orang (26,7%), dan peserta didik yang tidak ikut berpartisipasi sebanyak 5 orang (16,7%). Pada siklus kedua, semua peserta didik aktif, bersungguh-sungguh dan berpartisipasi. Pada siklus kesatu, peserta didik yang memperoleh nilai dalam KD menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang sudah mencapai KKM sebanyak 11 orang (36,7%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 19 orang (63,3%). Peserta didik yang memperoleh nilai dalam KD mengonstruksi teks eksposisi yang sudah mencapai KKM sebanyak 13 orang (43,3%) dan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 17 orang (56,7%). Pada siklus kedua, baik pada KD pengetahuan maupun keterampilan seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKM. Data di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis dan mengonstruksi teks eksposisi pada peserta didik kelas X MA-YIA Panembong Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Artinya, hipotesis penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:28
Last Modified: 22 Dec 2021 06:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3591

Actions (login required)

View Item View Item