PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI SE-KOTA TASIKMALAYA

HERISMAN, ELIYANA NURFADILLAH (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI SE-KOTA TASIKMALAYA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

ABSTRAK Eliyana Nurfadillah Herisman. 2020. “Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Variasi Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Se-Kota Tasikmalaya”. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Dibawah Bimbingan Pembimbing I. Syamsudin Arnasik Drs., M.Pd. dan Pembimbing II. Gugum Gumilar, M.Pd. Berdasarkan masalah dalam penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu mengenai rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri se�Kota Tasikmalaya berdasarkan nilai Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi pada tahun 2016-2019. Penelitian yang dilakukan oleh penulis bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai keterampilan variasi mengajar guru terhadap hasil belajar baik secara langsung maupun melalui motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan desain eksplanatory. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi siswa mengenai keterampilan variasi mengajar guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar yang ditunjukan dari thitung > ttabel yaitu 8,864 > 1,9708 dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukan dari thitung > ttabel yaitu 9,728 > 1,9708 dengan signifikasi 0,000 < 0,05. Persepsi siswa mengenai keterampilan variasi mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap hasil belajar yang ditunjukan dari thitung > ttabel yaitu 2,210 > 1,9708 dengan nilai signifikasi 0,028 < 0,05. Persepsi siswa mengenai keterampilan variasi mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi melalui motivasi belajar yang ditunjukan melalui Sobel Test menghasilkan thitung > ttabel yaitu 6,507 > 1,9708. Kontribusi pengaruh siswa mengenai keterampilan variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar adalah sebesar 26,3% sedangkan sisanya 73,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kontribusi pengaruh siswa mengenai keterampilan variasi mengajar guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah 43% sedangkan sisanya 57% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Persepsi Siswa, Keterampilan Variasi Mengajar Guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:17
Last Modified: 22 Dec 2021 06:17
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3587

Actions (login required)

View Item View Item