KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TEORI WATSON PADA PESERTA DIDIK SMP

ROHMAH, SITI (2019) KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN TEORI WATSON PADA PESERTA DIDIK SMP. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

ABSTRAK SITI ROHMAH. 2019. Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Watson Pada Peserta Didik SMP. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Teori Watson pada peserta didik SMP dan mengetahui klasifikasi kesalahan peserta didik yang sering terjadi berdasarkan Teori Watson. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa soal cerita dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemilihan subjek diperoleh dari peserta didik yang mewakili setiap kategori kesalahan berdasarkan Teori Watson yaitu sebanyak 8 subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab peserta didik melakukan kesalahan data tidak tepat yaitu peserta didik mengalami kekeliruan dalam pengolahan data yang dialami oleh S4, kesalahan prosedur tidak tepat yaitu peserta didik tidak memahami maksud dari soal yang dialami oleh S10, kesalahan adanya data yang hilang yaitu peserta didik tidak melengkapi data yang diketahui yang dialmi oleh S13, kesalahan kesimpulan hilang yaitu peserta didik lupa tidak menuliskan kesimpulan yang dialami oleh S15, kesalahan konflik level respon yaitu pada kesimpulan akhir tidak mencantumkan langkah penjumlahan dari masing-masing item dialami oleh S7, kesalahan manipulasi tidak langsung yaitu mengerjakan soal cerita tapi penyelesaiannya tidak sesuai dengan konsep yang dialami oleh S19, kesalahan masalah hierarki keterampilan yaitu peserta didik hanya menyelesaikan sebagian penyelesaiannya saja yang dialami oleh S24, dan kesalahan selain dari ketujuh kategori peserta didik yaitu tidak mengerjakan soal sama sekali yang dialami oleh S1. Kategori kesalahan berdasarkan Teori Watson yang dilakukan oleh peserta didik di SMP Negeri 10 Tasikmalaya dalam mengerjakan soal cerita sebagian besar banyak terjadi pada kesalahan dalam menggunakan data atau data tidak tepat. Kata Kunci : Kesalahan, Teori Watson, Soal Cerita

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:39
Last Modified: 22 Dec 2021 04:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item View Item