PENGARUH MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019)

FIRMANSYAH, HILMAN (2020) PENGARUH MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA (Studi Eksperimen di Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (66kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (156kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (17kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (107kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (633kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB IV HILMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas VIII SMP N 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 sampai dengan bulan Oktober 2018 di SMP Negeri 2 Manonjaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperiment dengan populasi seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Manonjaya, sebanyak 5 kelas dengan jumlah siswa 148 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII E sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik, digunakan instrumen berupa tes hasil belajar berjumlah 32 butir soal yang berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh macromedia flash terhadap hasil belajar peserta didik pada Materi Sistem Pencernaan Makanan pada Manusia di kelas VIII SMP N 2 Manonjaya Tahun Ajaran 2018/2019. Kata Kunci : macromedia flash, hasil belajar, dan sistem pencernaan makanan pada manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:15
Last Modified: 22 Dec 2021 04:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3581

Actions (login required)

View Item View Item