ANALISIS LEARNING OBSTACLE DAN DESAIN DIDAKTIS KONSEP LUAS TRAPESIUM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

RISTIANTI, TANTI (2019) ANALISIS LEARNING OBSTACLE DAN DESAIN DIDAKTIS KONSEP LUAS TRAPESIUM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB 1-3.pdf

Download (846kB)
[img] Text
Bab 4-5 REV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK TANTI RISTIANTI. 2019. Analisis Learning Obstacle dan Desain Didaktis Konsep luas Trapesium pada Pembelajaran Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui learning obstacle yang terjadi serta membuat desain didaktis konsep luas trapesium berdasarkan hasil tes learning obstacle peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian peserta didik Kelas VIII E SMP Negeri Cibalong. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan tes learning obstacle, dan wawancara. Instrumen utama penelitian peneliti sendiri dilengkapi dengan instrumen yang berupa tes tertulis berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukkan adanya hambatan/kesulitan belajar yang dialami peserta didik, dimana 64,52% peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami pengertian trapesium, 77,42% kesulitan dalam memahami konsep tinggi trapesium, 51,61% kesulitan dalam memahami konsep sisi sejajar pada trapesium, 54,84% kesulitan dalam memahami konsep luas trapesium, 51,61% kesulitan dalam menghitung luas trapesium, dan 67,74% kesulitan dalam memahami konsep luas trapesium dalam soal cerita. Desain didaktis yang disusun terbagi menjadi lima tipe, tipe A: meliputi pemahaman tentang trapesium, pada tahap ini peserta didik diberikan pengertian serta ciri-ciri trapesium dan perbedaannya dengan bangun datar lainnya, tipe B: meliputi konsep sisi sejajar trapesium, pada tahap ini peserta didik diberikan pemahaman mengenai konsep sisi sejajar, yang merupakan dua buah garis dengan jarak yang sama, tetapi tidak sama panjang, dan tidak akan saling berpotongan walaupun kedua garis tersebut diperpanjang, tipe C: meliputi konsep tinggi trapesium, pada tahap ini peserta didik diberikan pemahaman tentang konsep tinggi pada trapesium, yaitu jarak terdekat diantara sisi-sisi yang sejajar dan tegak lurus atau membentuk sudut 900 , tipe D: meliputi konsep luas trapesium, pada tahap ini peserta didik dibimbing untuk mencari rumus luas trapesium dengan menggunting gambar trapesium menjadi beberapa bagian yang berbentuk persegi dan segitiga, sehingga luas trapesium merupakan jumlah luas dari bagian-bagian tersebut, dan tipe E: meliputi konsep luas trapesium dalam soal cerita, pada tahap ini peserta didik diberikan latihan untuk memahami permasalahan sehari-hari yang menyangkut bentuk trapesium, dimana peserta didik dibimbing untuk memahami langkah-langkah dalam penyelesaian soal cerita tersebut. Kata Kunci: Analisis, Learning Obstacle, Desain Didaktis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:15
Last Modified: 20 Dec 2021 01:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3532

Actions (login required)

View Item View Item