PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2011-2019)

WIJAYA KUSUMAH, ALAN ALAMSYAH (2021) PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2011-2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
NASKAH SKRIPSI-ALAN ALAMSYAH W.K_173403001 EDIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk. Periode 2011-2019) Oleh: ALAN ALAMSYAH WIJAYA KUSUMAH 173403001 Dibawah bimbingan: Rani Rahman, S.E., M.Ak. Irman Firmansyah, S.E., M.Si., Ak., CA. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Profitabilitas, ukuran perusahaan dan nilai perusahaan pada perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk Periode 2011-2019, (2) Pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan baik secara parsial maupun simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk Periode 2011-2019. Nilai perusahaan diukur dengan menggunakan Price to Book Value (PBV). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk tahun 2011- 2019 yang diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Penelitian ini menggunakan bantuan program aplikasi software IBM SPSS Statistics versi 26 dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa profitabilitas berfluktuasi naik turun setiap tahunnya, ukuran perusahaan setiap tahunnya cenderung mengalami peningkatan dan nilai perusahaan berfluktuasi naik turun setiap tahunnya. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa: (1) profitabilitas secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) profitabilitas dan ukuran perusahaan secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan PT Unilever Indonesia Tbk. Kata Kunci : Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:39
Last Modified: 17 Dec 2021 03:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item