PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Suryani, Lilis (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR PEMBANGUN DAN MENGONSTRUKSI TEKS CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
L. PENGESAHAN, L. PERNYATAAN, ABSTRAK, K.P., DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB 1-5, RIWAYAT HIDUP, DAPUS, LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)
[img] Text
BAB 1-5, RIWAYAT HIDUP, DAPUS, LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Lilis Suryani, 2019. Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur-unsur Pembangun dan Mengonstruksi Teks Cerita Pendek dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualizaion (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas XI SMA Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi teks cerita pendek merupakan salah satu kompetensi dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 revisi yang harus dipelajari dan dikuasai oleh peserta didik kelas XI. Tetapi faktanya peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 banyak yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) dari standar KKB yaitu 75. Peserta didik yang belum mencapai KKB dalam aspek pengetahuan sebanyak 34 orang (93%) dan peserta didik yang belum mencapai KKB dalam aspek keterampilan sebanyak 21 orang (55%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model Team Assisted Individualization meningkatkan kemampuan peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 dalam menganalisis unsur-unsur pembangun teks cerita pendek dan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model Team Assisted Individualization meningkatkan kemampuan peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019 dalam mengonstruksi teks cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada siklus kesatu aspek pengetahuan yang belum mencapai KKB ada 23 orang (63,9%) dan 13 orang (36,1%) telah mencapai KKB. Pada aspek keterampilan 15 orang (41,7%) belum mencapai KKB dan 21 orang (58,3%) telah mencapai KKB. Pada siklus kedua seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKB. Artinya, model pembelajaran Team Assisted Individualization dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur-unsur pembangun dan mengonstruksi teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Hal ini menunjukkan hipotesis hasil penelitian ini diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:38
Last Modified: 17 Dec 2021 03:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3454

Actions (login required)

View Item View Item