PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAPPING GROUP INVESTIGATION (REMAP GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM ENDOKRIN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2018/2019)

AMALIAH, SOPHYA LATANSYA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING CONCEPT MAPPING GROUP INVESTIGATION (REMAP GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SISTEM ENDOKRIN (Studi Eksperimen di Kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
PERNYATAAN, KATA PENGANTAR.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, .pdf

Download (32kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB 1-5 Fix Lahaulaa (revisi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK SOPHYA LATANSYA AMALIAH. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Reading Concept Mapping Group Investigation (Remap GI) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Sub Konsep Sistem Endokrin (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMAN 1 Ciawi Tahun Ajaran 2018/2019)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran Remap GI terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada sub konsep sistem endokrin di kelas XI SMA Negeri 1 Ciawi Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan september 2019 sampai dengan bulan Mei 2019 di SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIA SMA Negeri 1 Ciawi Kota Tasikmalaya sebanyak delapan kelas yang terdiri dari 288 peserta didik dan sampel yang digunakan 2 kelas diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas model pembelajaran Remap GI dan kelas model pembelajaran Direct Interaction. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dilakukan sesudah kegiatan pembelajaran berlangsung. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar pada sub konsep sistem endokrin. Teknik pengolahan data dan analisis data menggunakan uji ancova dengan taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Remap GI terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Ciawi Kota Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Reading Concept Mapping Group Investigation (Remap GI), Kemampuan berpikir kritis, Hasil Belajar, Sistem Endokrin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:38
Last Modified: 17 Dec 2021 03:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3450

Actions (login required)

View Item View Item