HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SPERMATOPHYTA (Studi Korelasi Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

LATIFAH, SILFI NUR (2020) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SPERMATOPHYTA (Studi Korelasi Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
NEW DRAF SKRIPSI SILFI NUR LATIFAH (162154112).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK SILFI NUR LATIFAH 2020 HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUB KONSEP SPERMATOPHYTA (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Motivasi belajar dan minat belajar menjadi salah satu faktor internal yang mempengaruhi hasil belajar siswa, melalui motivasi belajar dan minat belajar akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep spermatophyta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 dengan populasinya adalah seluruh kelas XI MIPA yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah 161 peserta didik dan sampel diambil dari kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 33 peserta didik yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan meminta data nilai yang diperoleh dari guru biologi untuk memperoleh data hasil belajar dan menggunakan instrumen angket sebanyak 17 pernyataan untuk variabel motivasi belajar dan 20 pernyataan untuk variabel minat belajar yang dibagikan kepada kelas sampel untuk memperoleh data motivasi dan minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik, hal ini terbukti berdasarkan uji hipotesis (korelasi product moment) bahwa nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,041 dengan koefisien korelasi sebesar 0,439 artinya memiliki keeratan hubungan yang sedang. Kontribusi motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar adalah 19,2% sedangkan sisanya 80,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep spermatophyta di kelas XI MIPA 2 SMAN 10 Tasikmalaya. . Kata Kunci : Motivasi belajar; Minat belajar; Hasil belajar; Konsep; Spermatophyta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:37
Last Modified: 17 Dec 2021 03:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3441

Actions (login required)

View Item View Item