HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARYA ILMIAH REMAJA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Manonjaya Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

YUSANDARU, GANARDIAN (2021) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KARYA ILMIAH REMAJA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Manonjaya Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi 152154024 (Ganardian Yusandaru)_Perpus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK GANARDIAN YUSANDARU. 2021. Hubungan Antara Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja pada Mata Pelajaran Biologi Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Manonjaya Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021. Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan proses sains dan sikap ilmiah siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karya ilmiah remaja pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Manonjaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2020 di SMA Negeri 1 Manonjaya. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anggota KIR SMA Negeri 1 Manonjaya sebanyak 40 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh sebanyak 40 orang yaitu siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karya imliah remaja. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice) dengan empat options pada keterampilan proses sains dan formulir angket pada sikap ilmiah. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi bivariat. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis Product Moment Pearson diperoleh harga r hitung sebesar 0,348 sedangkan harga r tabel dengan N = 119 pada taraf signifikan 5% sebesar 0,176. Jadi r hitung lebih besar dari r tabel sehingga menunjukkan hubungan positif dan signifikan yang lemah. Kategori koefisien korelasi tergolong rendah antara keterampilan sains dan sikap ilmiah siswa yang menjadi anggota KIR. Skor per indikatornya yaitu skor tertinggi KPS adlaah 95 pada mengamati dan skor terendah adalah 42 pada mengajukan pertanyaan. Sedangkan skor tertinggi Sikap Ilmiah adalah 92 pada rasa ingin tahu dan skor terendah adalah 41 pada tanggung jawab. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, Kegiatan Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:37
Last Modified: 17 Dec 2021 03:37
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item