PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK ( Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS SMAN 3 Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis)

SILVIANA, ANNA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK ( Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS SMAN 3 Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER, Kata Pengantar, Ucapan Terimakasih.pdf

Download (216kB)
[img] Text
2 Abstrak, Abstract.pdf

Download (189kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI new(1).pdf

Download (94kB)
[img] Text
3 BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
4 BAB II sudah di revisi.pdf

Download (339kB)
[img] Text
5 BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
6 BAB 4 benar SUDAH DI REVISI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text
7 BAB 5 benar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Minimnya variasi guru dalam menggunakan model pembelajaran diduga menjadi penyebab kurangnya tingkat pemahaman para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tahapan Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT), dan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Tingkat Pemahaman peserta didik Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam Di Kelas XI IPS SMAN 3 Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen Murni (True Eksperimental Design) dengan desain penelitian Pretest-Post-test Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, pembagian soal Pre-test-Post-Test, dan studi literatur sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji-t. Populasi penelitian terdiri dari 90 siswa kelas XI IPS, dengan jumlah sampel sebanyak 53 peserta didik yang dibagi kedalam dua kelas yaitu 30 peserta didik di kelas kontrol dan 23 peserta didik menjadi sampel di kelas eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dilakukan dengan empat tahap yaitu: penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama, dan pemberian jawaban. Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada materi Geografi dengan nilai signifikasi sebesar 0,416 artinya hipotesis terbukti. Dalam 7 kategori yaitu menafsirkan (interpreting), memberikan contoh (exemplifying), mengklasifikasikan (classifying), meringkas (summarisin), menarik inferensi (inferring), membandingkan (comparing), menjelaskan (explaining). Kata Kunci : Cooperative Learning, Numbered Heads Together, Tingkat Pemahaman

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:39
Last Modified: 14 Aug 2019 04:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/342

Actions (login required)

View Item View Item