SILVIANA, ANNA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN PESERTA DIDIK ( Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam di Kelas XI IPS SMAN 3 Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER, Kata Pengantar, Ucapan Terimakasih.pdf Download (216kB) |
|
Text
2 Abstrak, Abstract.pdf Download (189kB) |
|
Text
8 DAFTAR ISI new(1).pdf Download (94kB) |
|
Text
3 BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text
4 BAB II sudah di revisi.pdf Download (339kB) |
|
Text
5 BAB III.pdf Download (393kB) |
|
Text
6 BAB 4 benar SUDAH DI REVISI.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
|
Text
7 BAB 5 benar.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Geografi di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Minimnya variasi guru dalam menggunakan model pembelajaran diduga menjadi penyebab kurangnya tingkat pemahaman para peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tahapan Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT), dan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Tingkat Pemahaman peserta didik Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sumber Daya Alam Di Kelas XI IPS SMAN 3 Ciamis Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu Eksperimen Murni (True Eksperimental Design) dengan desain penelitian Pretest-Post-test Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, pembagian soal Pre-test-Post-Test, dan studi literatur sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji-t. Populasi penelitian terdiri dari 90 siswa kelas XI IPS, dengan jumlah sampel sebanyak 53 peserta didik yang dibagi kedalam dua kelas yaitu 30 peserta didik di kelas kontrol dan 23 peserta didik menjadi sampel di kelas eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dilakukan dengan empat tahap yaitu: penomoran, pengajuan pertanyaan, berpikir bersama, dan pemberian jawaban. Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada materi Geografi dengan nilai signifikasi sebesar 0,416 artinya hipotesis terbukti. Dalam 7 kategori yaitu menafsirkan (interpreting), memberikan contoh (exemplifying), mengklasifikasikan (classifying), meringkas (summarisin), menarik inferensi (inferring), membandingkan (comparing), menjelaskan (explaining). Kata Kunci : Cooperative Learning, Numbered Heads Together, Tingkat Pemahaman
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 04:39 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 04:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/342 |
Actions (login required)
View Item |