EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 PURWAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021

HOLIDAH, INDAH (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 PURWAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI INDAH HOLIDAH (162154001).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK INDAH HOLIDAH. 2021. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL DI KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 PURWAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sel di kelas XI MIPA SMAN 1 Purwakarta tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan kepada 33 peserta didik kelas XI MIPA 3, guru biologi SMAN 1 Purwakarta, dan orang tua peserta didik. Pembelajaran daring pada mata pelajaran biologi di SMAN 1 Purwakarta menggunakan aplikasi whatsapp dan googleform. Untuk validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yang berasal dari instrumen hasil belajar sebanyak 30 butir soal pilihan majemuk mengenai materi sel dengan mencakup indikator dalam dimensi kognitif, yaitu dimensi ranah pengetahuan kognitif yang terdiri dari K1 dan K2, serta dimensi ranah proses kognitif yang terdiri dari C1-C5, angket efektivitas pembelajaran daring mencakup 4 indikator berdasarkan indikator efektivitas pembelajaran yaitu mutu pengajaran, tingkat pengajaran, intensif, dan waktu, serta wawancara menggunakan teknik tidak terstruktur kepada peserta didik, orang tua peserta didik, dan guru biologi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran daring menggunakan whatsapp dan googleform yang dilaksanakan oleh kelas XI MIPA di SMAN 1 Purwakarta dapat dikatakan belum efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sel. Hal ini dikarenakan oleh 1) Presentase peserta didik yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) dibawah 85%; 2) Keseluruhan presentase peserta didik dalam pengisian angket mengenai efektivitas pembelajaran daring sebesar 66% dengan kriteria kurang; 3) Hasil wawancara dengan guru biologi, peserta didik, dan orang tua mengenai pembelajaran daring yang dilaksanakan di SMAN 1 Purwakarta melalui aplikasi whatsapp dan googleform, ketika mengikuti pembelajaran daring kurang memahami bahan ajar yang guru berikan, pembelajaran daring harus dapat dimanfaatkan dengan baik agar bahan ajar dapat mudah dipahami oleh peserta didik. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Hasil Belajar, Materi Sel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:33
Last Modified: 17 Dec 2021 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item View Item