PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI SERTA MENYAJIKAN GAGASAN PENDAPAT KE DALAM BENTUK TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP K.H.Z Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2020/2021)

Anzarina, Devia (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH ISI DAN STRUKTUR TEKS EKSPOSISI SERTA MENYAJIKAN GAGASAN PENDAPAT KE DALAM BENTUK TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (DUA TINGGAL DUA TAMU) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP K.H.Z Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
DRAFT SKRIPSI DEVIA ANZARINA (162121105).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Devia Anzarina.2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Isi dan Struktur Teks Eksposisi Serta Menyajikan Gagasan Pendapat ke Dalam Bentuk Teks Eksposisi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Two Stray Two Stray (Penelitian Tindakan Kelas VIII A SMP K.H.Z Musthafa Sukamanah Tahun Ajaran 2020/2021). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Berdasarkan kurikulum 2013, menelaah isi dan struktur teks eksposisi dan menyajikan gagasan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasi oleh peserta didik kelas VIII. Kenyataannya masih banyak peserta didik SMP K.H.Z Musthafa Sukamanah yang belum mampu menguasi teks eksposisi, sehingga penulis pun melaksanakan sebuah tindakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menguasi teks eksposisi menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Two Stay Two Stray meningkatkan kemampuan menelaah isi dan struktur teks eksposisi serta menyajikan gagasan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi. Metode penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi dan tes. Berdasarkan hasil pengelolaan data dibuktikan kebenarannya dengan melihat hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aspek pengetahuan pertemuan pertama pelaksanaan pembelajaran sedikit terganggu karena peserta didik kurang kondusif sehingga peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM 16 orang (80%) dan di atas KKM 4 orang (20%) pada aspek keterampilan nilai dibawah KKM 13 orang (65%) dan di atas 7 orang (35%). Lalu pada siklus II aspek pengetahuan semua peserta didik mencapai KKM baik aspek pengetahuan maupun keterampilan. Data di atas menunjukan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima artinya model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah isi dan struktur teks eksposisi serta menyajikan gagasan pendapat ke dalam bentuk teks eksposisi peserta didik kelas VIII A SMP K.H.Z Musthafa Sukamanah tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:33
Last Modified: 17 Dec 2021 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item View Item