PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Nafisatul Aliah, Via (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI VIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK VIA NAFISATUL ALIAH. (2020). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Dan Meringkas Isi Teks Eksplanasi Dengan Menggunakan Model Think Talk Write (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Pembelajaran mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi yang mengimplementasikan kurikulum 2013 masih memiliki banyak kendala diantaranya adalah siswa kerap kali hanya menjiplak pekerjaan teman tanpa memahami terlebih dahulu. Kurangnya minat membaca pemahaman siswa menjadi faktor sulitnya siswa dalam memahami teks eksplanasi. Selain itu penggunaan model yang kurang inovatif dan aktif juga menjadi salah satu penyebab rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut terjadi karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penggunaan metode pembelajaran yang memperhatikan keaktifan siswa akan meningkatkan kualitas dan menambah pengalaman siswa dalam penyampaian informasi kepada orang lain dengan baik secara tertulis Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajara Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi peserta didik kelas VIII A SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019, serta mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write (TTW) meningkatkan kemampuan meringkas isi teks eksplanasi peserta didik kelas VIII A SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini berjenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas VIII A SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya.Pengambilan data penelitian menggunakan prosedur perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada siswa kelas VIII A SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi dengan menggunakan model Think-Talk-Write. Dari hasil dapat diketahui peningkatan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi dari siklus I ke siklus II sebesar 8 dan dan 10,6 point. Selain peningkatan kemampuan, perilaku siswa kelas VIII A SMP Plus Pesantren Amanah Muhammadiyah Tasikmalaya juga mengalami perubahan ke arah yang lebih positif setelah dilakukan pembelajaran mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi dengan model Think-Talk-Write

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dedi Natawijaya .
Date Deposited: 17 Dec 2021 03:33
Last Modified: 17 Dec 2021 03:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3402

Actions (login required)

View Item View Item