Novia Inayah, Risna (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survey Dilakukan Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (17kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf Download (5kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (93kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (196kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (199kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (209kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (355kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (624kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian dilatarbelakangi oleh adanya penurunan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi yang dapat dilihat dari nilai ratarata Kelas X semester ganjil di SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019, pandangan siswa terhadap kompetensi profesional guru yang kurang baik serta rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan merupakan survey eksplanatori. Populasi kelas X sebanyak 360 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 190 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan simple random sampling. Alat penelitian yang digunakan yaitu observasi, kuesioner dengan skala likert, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linieritas, uji multikoliniearitas, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru mempengaruhi hasil belajar siswa, dilihat dari perhitungan regresi linier berganda didapatkan nilai koefesien (b1) sebesar 0,382, sedangkan minat belajar siswa mendapat nilai koefesien (b2) sebesar 0,493. Secara simultan dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh sebesar 52,3%, sedangkan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan minat belajar siswa mempengaruhi hasil belajar siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019 baik secara simultan maupun secara parsial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 06:01 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 03:36 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/34 |
Actions (login required)
View Item |