PENGARUH LAYANAN MEMBER CARD DAN INOVASI MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI AL MUSLIM MART

SIROJUDIN, AGUS (2020) PENGARUH LAYANAN MEMBER CARD DAN INOVASI MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI AL MUSLIM MART. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Agus Sirojudin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Agus Sirojudin, Pengaruh Pelayanan Membercard Dan Inovasi Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Al Muslim Mart (Studi Kasus Konsumen Al Muslim Mart Kawalu Tasikmalaya): Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Strategi agar bisnis mampu tetap berjalan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuanya pada kondisi pasar yang sangat dinamis Customer-oriented merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan. Salah satu cara mengatasi hal tersebut yaitu menciptakan konsumen loyal yang selalu melakukan pembelian ulang. Penelitian ini Bertujuan untukmengetahui Pengaruh Pelayanan membercard dan Inovasi Marketing terhadap Loyalitas konsumen. Adapun rumusan masalah ini adalah sebagai berikut: 1) Apakah pelayanan member card berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan al-muslim mart ? 2) Apakah inovasi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen ? 3) Apakah pelayanan member card dan inovasi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan al- muslim mart ? Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah populasi infinit dan jumlah sampel sebanyak 91 sampel. Teknik analisa yang digunakan yaitu, koefisien korelasi dengan product moment, regresi sederhana dan ganda, koefisien determinasi serta uji signifikansi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Pelayanan Membercard berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai r = 0,417 dan persamaan regresi Y = 7,875 + 0,417 X1 serta signifikansi kurang dari 0,05 (<0,05); 2) kualitas Inovasi Marketing berpengaruh terhadap Loyalitas Konsumen dengan nilai r = 0,574 dan persamaan regresi Y = 8,061 + 0,574 X2 serta nilai signifikansi kurang dari 0,05 (<0,05); 3) Pelayanan Membercard dan Inovasi Marketing secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan Loyalitas konsumen dengan nilai r = 0,639 dan persamaan regresi Y = 3,754 + 0,281 X1 + 0,403 X2 serta nilai signifikansi kurang dari 0,05 (<0,05). Maka Pelayanan Membercard dan Loyalitas Konsumen berpengaruh secara stimulan positif dan signifikan terhadap Loyalitas konsumen Di Al muslimart baik secara parsial maupun simultan, sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Pelayanan Membercard, Inovasi Marketing, Loyalitas Konsumen

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 10 Dec 2021 06:15
Last Modified: 10 Dec 2021 06:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item