PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Manbaul Ulum Tahun Ajaran 2019/2020)

Endarwaty, Ray Ajeng Dwi (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Manbaul Ulum Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Ray Ajeng REVISI sidang 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Ray Ajeng Dwi Endarwaty.2020. Peningkatan Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan serta Menyajikan Teks Berita dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas VIII MTs Manbaul Ulum Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kurikulum 2013 revisi merupakan Kurikulum yang diharapkan mampu mencapai tujuan dam kompetensi pembelajaran. Kurikulum 2013 revisi tersebut juga merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai keberhasilan pendidikan di Indonesia. Dalam kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII adalah menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks berita. Kompetensi dasar tersebut belum dikuasai oleh sebagian peserta didik kelas VIII MTs Manbaul Ulum Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penulis melaksanakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII MTs Manbaul Ulum Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran Think Talk Write meningkatkan kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII MTs Manbaul Ulum Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penulis yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik observasi, teknik tes, teknik wawancara dengan sumber data adalah peserta didik kelas VIII MTs Manbaul Ulum Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan MTs Manbaul Ulum Tasikmalaya untuk kelas VIII adalah 75. Perolehan nilai siklus I dalam hal pengetahuan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 11 peserta didik (48%) sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM adalah (52%). Pada siklus kedua peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM semua peserta didik (100%). Pada siklus I dalam hal keterampilan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 12 peserta didik (48%) dan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM sebanyak 11 peserta didik (52%). Pada siklus II semua peserta didik memperoleh nilai di atas KKM (100%). Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima. Artinya model pembelajran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah struktur dan menelaah serta menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII MTs Manbaul Ulum Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 09 Dec 2021 06:34
Last Modified: 09 Dec 2021 06:34
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item