Nabilah, Salma Hasna (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS CERITA FANTASI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Terpadu Al-Munawwar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Skripsi Salma Hasna Nabilah (162121092).pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Salma Hasna Nabilah, 2020 Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Serta Mengonstruksi Teks Cerita Fantasi (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Terpadu Al-Munawwar Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Berdasarkan kurikulum 2013 revisi, mengidentifikasi struktur dan kebahasaan serta mengonstruksi teks cerita fantasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VII. Kenyataannya masih banyak peserta didik SMP IT Al-Munawwar Tasikmalaya yang belum mampu menguasai teks cerita fantasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran Cooperative Integrated And Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi pada peserta didik di kelas VII SMP IT Al-Munawwar Tasikmalaya tahun ajar 2019/2020?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated And Composition (CIRC) meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP IT Al-Munawwar Tasikmalaya tahun ajar 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran CIRC. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data adalah peserta didik kelas VII SMP IT Al�Munawwar Tasikmalaya tahun ajar 2019/2020. Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang ditetapkan SMP IT Al-Munawwar Tasikmalaya untuk kelas VII adalah 75. Perolehan nilai siklus I aspek pengetahuan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKB sebanyak 19 orang (73%) dan di atas KKB sebanyak 7 orang (27%). Pada siklus I aspek keterampilan nilai di bawah KKB sebanyak 16 orang (61%) dan nilai di atas KKB sebanyak (39%). Pada siklus II semua peserta didik mencapai KKB baik aspek pengetahuan maupun keterampilan. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini diterima, artinya model pembelajaran Cooperative Integrated And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi struktur dan kebahasaan serta mengonstruksi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP IT Al-Munawwar Tasikmalaya tahun ajar 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 02:41 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 02:41 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3349 |
Actions (login required)
View Item |