STUDENTS’ PERCEPTIONS ON USING ANIMATION MOVIE AS A MEDIUM IN LEARNING ENGLISH SPEAKING

Rindu Pratiwi, Regina (2019) STUDENTS’ PERCEPTIONS ON USING ANIMATION MOVIE AS A MEDIUM IN LEARNING ENGLISH SPEAKING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
REGINA THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Belajar berbicara bahasa Inggris bagi para siswa sekolah menengah atas tampaknya menjadi sebuah tantangan bagi mereka. Tantangan tersebut menuntut mereka untuk memiliki sebuah kompetensi yang baik tentang bahasa tersebut. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan film animasi dalam pembejaran berbicara bahasa Inggris. Studi kasus digunakan sebagai design penelitian ini. Data penelitian ini diperoleh melalui semi-structured interview terhadap dua peserta. Data penelitian yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisa tematik (Braun & Clarke, 2006). Temuan peneliti menemukan terdapat empat tema yakni, perasaan siswa, kepercayaan siswa, sudut pandang siswa, dan perilaku siswa. Penggunaan film tersebut menstimulasi untuk mempunyai perasaan yang positif seperti tertarik dalam mempelajari bahasa Inggris, merasa senang dan bahagia untuk mempelajarinya. Kemudian, ia memberikan mereka pengalaman belajar yang menyenangkan. Lalu, mereka percaya bahwa film animasi dapat membantu mereka belajar dengan efektif karena mereka bisa mendapatkan pengetahuan yang otentik yang tersedia di dalam isi film tersebut dan menonton penutur bahasa Inggris sebagai model yang sesua bagi mereka dalam mempraktikkan materi berbicara bahasa Inggris. Kemudian, Mereka menganggap film sebagai medium yang mampu memfasilitasi meraka dalam proses pembelajaran. Mereka bisa mendapatkan pengetahuan penting dan informasi terkait dengan materi pembelajaran dari isi film tersebut. Ia bisa menstimulasi mereka untuk serius dan fokus dalam pembelajaran dan dalam waktu yang sama menghindarkan mereka dari perilaku yang tidak perlu dalam pembelajaran. Kesimulannya, para siswa harus mempelajari berbicara bahasa Inggris dengan cara yang menarik dan mendukung. Film animasi dapat menjadi solusi untuk kebutuhan tersebut karena film animasi tersebut menyediakan mereka cara yang menyenangkan dalam mempelajari berbicara bahasa Inggris. Kata Kunci: Belajar berbicara bahasa Inggris, Film Animasi, Persepsi Para Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Aug 2019 03:58
Last Modified: 14 Aug 2019 03:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item