PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG BERBANTUAN APLIKASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Pre-Eksperimental Design Pada Mata Pelajaran Sejarah Pokok Bahasan Tokoh�Tokoh Nasional Dan Daerah Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia Di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 10 Garut Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020)

HAPID, MUMAD (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG BERBANTUAN APLIKASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Pre-Eksperimental Design Pada Mata Pelajaran Sejarah Pokok Bahasan Tokoh�Tokoh Nasional Dan Daerah Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia Di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 10 Garut Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI MUMAD HAPID (162171051).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MUMAD HAPID. 2020. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA BERBANTUAN APLIKASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP (Pre-Eksperimental Design Pada Mata Pelajaran Sejarah Pokok Bahasan Tokoh-Tokoh Nasional Dan Daerah Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia Di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 10 Garut Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi awal dan proses penggunaan serta pengaruh media pembelajaran Teka Teki Silang terhadap hasil belajar siswa dengan Pre-Eksperimental Design pada mata pelajaran sejarah pokok bahasan tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 10 Garut semester genap tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan Pre Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang terbagi menjadi tes awal dan tes akhir dengan instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda dengan 5 opsi pilihan jawaban serta terdiri dari 27 soal, dan observasi dengan instrumen pedomen observasi. Teknik analisis data terdiri dari Uji Normalitas, Uji Wilcoxon, Uji Mann Whitney, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan Uji Normalized Gain (N Gain Skor). Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa sebelum proses pembelajaran menggunakan media Teka Teki Silang yaitu 72,74, sedangkan nilai rata-rata yang dicapai oleh siswa setelah penggunaan media Teka Teki Silang saat proses pembelajaran sebesar 83,06. Hasil pengolahan data uji hipotesis diperoleh Asymp.Sig (2-tailed) 0,000 dari uji Wilcoxon dan 0,001 dari uji Mann Whitney dimana hasil tersebut < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka media pembelajaran teka-teki silang pada pokok bahasan tokoh-tokoh nasional dan daerah dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 10 Garut semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Teka Teki Silang, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:40
Last Modified: 08 Dec 2021 04:40
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item