Wulandari, Oktaviani (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS ORGANISASI DALAM SISTEM PELAYANAN JEMPUT BOLA PADA NASABAH DI KSPPS BMT SAHABAT KITA SEMUA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Skripsi_Oktaviani Wulandari_171002059.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Oktaviani Wulandari, 2021, Analisis Efektivitas Organisasi dalam Sistem Pelayanan Jemput Bola pada Nasabah di KSPPS (Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah) BMT Sahabat Kita Semua, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi. Penerapan sistem layanan jemput bola yang dilakukan oleh KSPPS BMT Sahabat Kita Semua terdapat beberapa kendala. Diantaranya yaitu jarak, belum menggunakan input data secara digital (komputerisasi), dan kurangnya sumber daya manusia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas terhadap layanan jemput bola yang diterapkan oleh KSPPS BMT Sahabat Kita Semua. Untuk meninjau masalah tersebut maka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori efektifitas, pelayanan dan teori operasionalisasi BMT secara umum. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan dua sumber data yaitu sumber data primer yang terdiri dari Manajer dan Marketing BMT Sahabat serta nasabah yang dijemput bola. Sedangkan sumber data sekunder terdiri dari buku pendukung, laporan, jurnal, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dengan 10 pertanyaan kepada manajer dan nasabah yang berisi mengenai efektivitas orginasi dalam sistem pelayanan jemput bola. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum pelayanan jemput bola yang diterapkan oleh BMT Sahabat dinilai masih kurang efektif jika dilihat dari 3 indikator efektivitas organisasi yaitu kepuasan kerja, kualitas, dan inovasi. Sedangkan jika dinilai dari 2 indikator produktivitas dan efisiensi pelayanan jemput bola sudah efektif. Dalam pelaksanaan jemput bola masih terdapat beberapa tantangan yang dapat menghambat dalam proses pencapaian tujuan yang ditentukan. Kata Kunci: Efektivitas Organisasi, Pelayanan Jemput Bola, Baitul Maal Tamwil (BMT)
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 04:40 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 04:40 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3320 |
Actions (login required)
View Item |