PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DUA TINGGAL DUA TAMU

Julianti, Kintan (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DUA TINGGAL DUA TAMU. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
R. Skripsi Kintan Julianti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Mengacu pada Silabus Bahasa Indonesia, terdapat satu pasang Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik kelas X SMA/SMK/MA, yaitu menganalisis isi dan aspek kebahasaan serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi. Namun pada kenyataanya di kelas X MIPA MA Manbaul Ulum Kabupaten Tasikmalaya belum semua peserta didik mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran dua tinggal dua tamu meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X MA Manbaul Ulum Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 dalam menganalisis isi dan aspek kebahasaan serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi. Penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian yang penulis laksanakan melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan tindakan, mengobservasi dan mengevaluasi (proses dan hasil tindakan), merefleksi, serta seterusnya sampai tercapai hasil belajar yang diharapkan. Kriteria Ketuntasan Belajar (KKB) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Berdasarkan pengolahan hasil nilai siklus pertama dalam aspek pengetahuan sebanyak 15 peserta didik (75%) mencapai KKB dan sebanyak 5 peserta didik (25%) belum mencapai KKB. Kemudian pada aspek keterampilan sebanyak 6 peserta didik (30%) sudah mencapai KKB dan sebanyak 14 peserta didik (70%) belum mencapai KKB. Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan aspek keterampilan yaitu sebanyak 20 peserta didik (100%) telah mencapai KKB 75 yang telah ditetapkan oleh sekolah. Sesuai dengan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran dua tinggal dua tamu dapat meningkatkan kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan serta mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X MIPA MA Manbaul Ulum Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:21
Last Modified: 08 Dec 2021 03:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3308

Actions (login required)

View Item View Item