PENGARUH UTILITARIAN SHOPPING MOTIVATION, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN PATRONAGE BUYING MOTIVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Di Marketplace Shopee)

Nurjaman, Nurjaman (2021) PENGARUH UTILITARIAN SHOPPING MOTIVATION, HEDONIC SHOPPING MOTIVATION DAN PATRONAGE BUYING MOTIVE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Di Marketplace Shopee). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
171002090_NURJAMAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nurjaman.2021.Pengaruh Utilitarian Shopping Motivation, Hedonic Shopping Motivation dan Patronage Buying Motive Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Marketplace Shopee), Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Siliwangi. Pada saat ini dengan pesatnya digitalisasi dan komputerisasi mengubah pasar konvensional bertransformasi ke arah digital dengan munculnya marketplace. Namun tidak semua marketplace mampu bersaing satu dengan yang lainya sehingga terjadi ketimpagan yang dominan dalam motif konsumen melakukan pembelian, marketplace yang kreatif serta menjawab keinginan konsumen yang dapat bertahan dan dapat mengusai pasar. shopee dapat memanfatkan potensi yang tersebut dengan strategi pemasaran yang efektif yang menyebabkan munculnya motivasi konsumen dalam melakukan pembelian. Hal tersebut yang mengakibatkan shopee dapat mengusai pasar marketplace di Indonesia serta ungul jauh dari pesaing-pesaingnya. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi konsumen khususnya utilitarian shopping motivation, hedonic shopping motivation dan patronage buying motive terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif, populasi dan sampel pada penelitian ini adalah pengguna marketplace Shopee dari berbagai usia dan jenis kelamin sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulandata yang digunakan adalah Kuesioner dan Teknik analisa data menggunakan, koefisien korelasi, koefisien regresi, koefisien determinasi, uji t dan uji F. . Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Terdapat pengaruh X1 terhadap Y, Berdasarkan analisa persamaan regresi linier X1 diperoleh Y=29,318+0,852X1 Koefisien Korelasi sebesar 0,484, koefisien determinasi Sebesar 23,4% dan diperoleh t hitung sebesar 5,472 pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05 2) Terdapat pengaruh X2 terhadap Y berdasarkan analisa persamaan regresi linier X2. Y=30,066 + 0,723X2, Koefisien Korelasi sebesar 0,326, koefisien determinasi sebesar 10,6%. dengan t hitung sebesar 3,412 pada tingkat signifikan 0,001 < 0,05. 3) Terdapat pengaruh X3 terhadap Y Berdasarkan analisa persamaan regresi linier X3 diperoleh Y= 24,907 + 0,751 X3 Koefisien korelasi sebesar 0,633, koefisien determinasi Sebesar 40,0% serta diperoleh t hitung sebesar 8,089 berada pada tingkat signifikan 0,000 < 0,05 Dan 4) Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara X1, X2 dan X3 terhadap Y berdasarkan analisa persamaan regresi linier berganda diperoleh nilai Y= 15,825 + 0,465X1 + (–0,60) X2 + 0,631 X3 dengan koefisien korelasi berganda sebesar 0,672 , koefisien determinasi sebesar 45,1% dengan F hitung sebesar 20.332 berada pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat di simpulkan bahwa Utilitarian Shopping Motivation , Hedonic Shopping Motivation dan Patronage Buying Motive berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian baik secara parsial maupun simultan, sehingga semua hipotesis (H0) ditolak dan semua hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Kata Kunci : Utilitarian Shopping Motivation, Hedonic Shopping Motivation , Patronage Buying Motive , Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:06
Last Modified: 08 Dec 2021 03:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3302

Actions (login required)

View Item View Item