PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020 MADRASAH ALIYAH AL ISLAH SEMARANG

ADITYA WIJAYA, AYYA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020 MADRASAH ALIYAH AL ISLAH SEMARANG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI AYYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK AYYA ADITYA WIJAYA. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Al Islah Semarang. Program Studi Sejarah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai rata-rata ulangan harian yang hanya mencapai 68 sedangkan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang harus dicapai adalah 75. Berdasarkan identifikasi masalah tersebut, penulis mencoba memberikan solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Al Islah pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam proses pembelajarannya. Pembelajaran PBL merupakan model pembelajaran yang bersifat kontekstual dan kolaboratif, serta mengaitkan materi yang dipelajari dengan kehidupan sehari-hari, baik itu dalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat dengan tujuan agar siswa mampu menemukan makna materi yang dipelajari bagi kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS MA Al Islah Semarang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tipe One Group Pretest Posttest Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh kuat dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil post test rata-ratanya mencapai 77,94 sehingga sudah masuk ke dalam kriteria baik, dan sudah mencapai nilai KKM yang diharapkan (75) dimana sudah terdapat 21 (77,78%) peserta didik yang memperoleh ketuntasan KKM. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:28
Last Modified: 07 Dec 2021 03:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3254

Actions (login required)

View Item View Item