ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTS Annur 1 Malangbong)

DWINIA F, RAFLY (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI GAYA BELAJAR (Penelitian Terhadap Peserta Didik Kelas VIII MTS Annur 1 Malangbong). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
skripsi rafly dwinia f .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK RAFY DWINIA FIRMANSYAH. 2021. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik MTS An’nur 1 Malangbong kelas VIII ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, kinestetik (VAK) pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Metode penelitian yang digunakan melalui metode deskriptif. Teknik pengambilan subjek menggunakan purposive. Kelas yang dipilih yaitu kelas VIII C MTS An’nur 1 Malangbong. Teknik pengambilan subjek diambil berdasarkan kemampuan koneksi matematis peserta didik melalui pemberian tes kemampuan koneksi matematis lalu diberikan angket gaya belajar yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan koneksi matematis, angket gaya belajar dan wawancara. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan koneksi matematis dan angket gaya belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, dan penyajian data. Dari 6 subjek penelitian, diperoleh hasil penelitian bahwa (1) Kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar visual diperoleh, bahwa subjek 1 memenuhi dua indikator kemampuan koneksi matematis yaitu menentukan ekuivalen fungsi dan konsep prosedur yang sama, menentukan antar topik. Selanjutnya untuk subjek 2 memenuhi satu indikator kemampuan koneksi matematis yaitu menentukan ekuivalen fungsi dan konsep prosedur yang sama. (2) Kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar auditorial diperoleh, bahwa subjek 3 dan subjek 4 hanya memenuhi satu indikator kemampuan koneksi matematis yang sama, yaitu menentukan ekuivalen fungsi dan konsep prosedur yang sama. (3) Kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari gaya belajar kinestetik diperoleh, bahwa subjek 5 dan subjek 6 memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis yaitu menentukan ekuivalen fungsi dan konsep prosedur yang sama, menentukan antar topik, menggunakan matematika dalam bidang studi lain atau kehidupan sehari-hari.. Kata kunci: Kemampuan Koneksi Matematis, Gaya belajar visual, auditorial, kinestetik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Dec 2021 03:28
Last Modified: 07 Dec 2021 03:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item