Fauzie, Luthfi (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ANEKDOT SERTA MENCIPTAKAN KEMBALI TEKS ANEKDOT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas X SMA Plus Muallimin Persis 182 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Skripsi_Full (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Luthfi Fauzie. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Struktur dan Kebahasaan Teks Anekdotserta Menciptakan Kembali Teks Anekdot Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray(Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas XSMA Plus Muallimin Persis 182 Rajapolah Kabupaten TasikmalayaTahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray meningkatkan kemampaunmenganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdotserta menciptakan kembali teks anekdot pada peserta didik Kelas XSMA Plus Muallimin Persis 182 Rajapolah kabupaten TasikmalayaTahun Ajaran 2019/2020.Untuk mencapai tujuan ini, penulis menggunakan metode penelitian tindakan kelas, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan wawancara. Sumber data penelitiannya adalah peserta didik kelas XSMA Plus Muallimin Persis 182 Rajapolah Kabupaten Tasikmalayatahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah. Keberhasilan penelitian ini dibuktikan dengan adanya perubahan proses dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Plus Muallimin Persis 182 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Proses belajar peserta didik pada siklus kesatu kurang memuaskan. Sebanyak 5 (20%) peserta didik yang tidak aktif, 4 (16%) peserta didik yang tidak bersungguh-sungguh, 2 (8%) peserta didik yang tidak berpartisipasi. Pada siklus kedua, proses belajar mengalami peningkatan, tidak ada lagi peserta didik yang tidak aktif, tidak bersungguh-sungguh, tidak berpartisipasi. Hasil belajar pada siklus kesatu kurang berhasil, masih banyak peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 78. Pada siklus kesatu pada pembelajaran menganalisis stuktur dan kebahasaan teks anekdot 25 orang (100%) belum mencapai KKM, sedangkan pada pembelajaran menciptakan kembali teks anekdot 13 (52%) peserta didik belum mencapai KKM dan 12 (48%) peserta didik sudah mencapai KKM. Pada siklus kedua terjadi peningkatan, pada pembelajaran menganalisis stuktur dan kebahasaan teks anekdot1 orang (4%) belum mencapai KKM dan 24 orang (96%) sudah mencapai KKM, sedangkan pada pembelajaran menciptakan kembali teks anekdot 1 (4%) peserta didik belum mencapai KKM dan 24 (96%) peserta didik sudah mencapai KKM. Perhitungan data di atas berdasarkan uji beda yang penulis lakukan untuk mengetahui perbandingan pengaruh dari kedua siklus. Setelah melakukan perhitungan uji beda menggunakan uji Wilcoxon, pada pembelajaran menganalisis stuktur dan kebahasaan teks anekdot diperoleh nilai w-hitung (20) <w-tabel(68) sedangkan pada pembelajaran menciptakan kembali teks anekdot diperoleh nilai w-hitung (22) <w�tabel(68) itu artinya terjadi perbedaan yang berarti. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran kooperatif tipe two stay two straydapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdotserta menciptakan kembali teks anekdot pada peserta didik kelas X SMA Plus Muallimin Persis 182 Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 06:33 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 06:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3236 |
Actions (login required)
View Item |