HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

HIDAYATI, NURUL (2020) HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA (Studi Korelasional di Kelas XI MIPA MAN 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI NURUL HIDAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK NURUL HIDAYATI. 2020. HUBUNGAN ANTARA SELF-EFFICACY DENGAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI MIPA. Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Biologi, Tasikmalaya. Self-efficacy adalah keyakinan diri seseorang atas kemampuannya dalam melakukan suatu tugas tertentu untuk mencapai tujuannya. Metakognitif adalah kesadaran seseorang mengenai proses berpikirnya serta kemampuannya dalam membuat rencana, memantau, dan mengevaluasi kinerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan metakognitif peserta didik pada mata pelajaran biologi kelas XI MIPA MAN 1 Kota Tasikmalaya. Populasi pada penelitian ini mengambil seluruh Kelas XI MIPA MAN 1 Kota Tasikmalaya. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan mengambil kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 5 berjumlah 43 peserta didik. Data penelitian diambil secara non-tes, yaitu angket self-efficacy sebanyak 27 item pernyataan dan angket metakognitif sebanyak 52 item pernyataan yang mana kedua instrumen tersebut telah dilakukan validasi sebelumnya. Pemberian angket dilakukan secara daring dalam bentuk google form. Teknik analisis data pada penelitian ini memakai uji korelasi product moment dengan bantuan SPSS 23 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara self�efficacy dengan metakognitif yang signifikan dengan r = 0,469. Dari nilai tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi variabel self-efficacy terhadap variabel metakognitif sebesar 22%. Sedangkan 78% lainnya merupakan faktor�faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Metakognitif, Self-Efficacy, Mata Pelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:49
Last Modified: 06 Dec 2021 05:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3230

Actions (login required)

View Item View Item