HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA PUI Gegesik, Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2020/2021)

HANIFAH, HANIFAH (2021) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA PUI Gegesik, Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI HANIFAH FIX (SIDANG) PRINT fix banget b 5 normal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK HANIFAH. 2020.Hubungan Antara Keterampilan Proses Sains, Motivasi, dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem (Studi Korelasi di Kelas XI MIPA SMA PUI Gegesik Kabupaten Cirebon Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan proses sains, motivasi, dan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem di kelas XI MIPA SMA PUI Gegesik Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2020/2021 yang dilakukan pada bulan Agustus 2020. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA PUI Gegesik Kabupaten Cirebon dengan jumlah peserta didik sebanyak 115. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak 30 peserta didik kelas XI MIPA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes tertulis, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi bivariat dan analisis korelasi multivariat. Berdasarkan analisis yang diperoleh nilai signifikansi keterampilan proses sains dengan hasil belajar sebesar 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat hubungan antara keterampilan proses sains dengan hasil belajar, sedangkan untuk hubungan motivasi dengan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.001< 0.05 yang artinya terdapat hubungan antara motivasi dengan hasil belajar, sedangkan untuk hubungan keterampilan proses sains, dan motivasi dengan hasil belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 yang artinya terdapat hubungan antara keterampilan proses sains, dan motivasi secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik dengan koefisien determinasi sebesar 0.606 yang artinya variabel keterampilan proses sains dan motivasi belajar mempunyai hubungan dengan hasil belajar sebesar 60.6% dan sisanya sebesar 39.4% yang kemungkinan ditentukan oleh faktor lain. Kata kunci: Hasil belajar, Keterampilan proses sains, Motivasi belajar, Ekosistem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:49
Last Modified: 06 Dec 2021 05:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3227

Actions (login required)

View Item View Item