PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Dian Rusdiana, Dede (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
cover.pdf

Download (297kB)
[img] Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (298kB)
[img] Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (190kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (209kB)
[img] Text
8. DAFTAR GRAFIK.pdf

Download (204kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (427kB)
[img] Text
11. BAB II LANDASAN TEORITIS.pdf

Download (510kB)
[img] Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (473kB)
[img] Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK DEDE DIAN RUSDIANA. 2019. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indoneisa dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai peserta didik kelas VII. Namun kenyataannya, di SMP Negeri 7 Taskmalaya masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah Dapatkah model pembelajaran Two-Stay Two-Stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Dapatkah model pembelajaran Two-Stay Two-Stray meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk menjelaskan dapat atau tidaknya model pembelajaran Two-Stay Two-Stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020?. Model pembelajaran Two-Stay Two-Stray meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perolehan data pada siklus kesatu pertemuan pertama KD 3.3 Mengidentifikasi Unsur-unsur Teks Cerita Fantasi 19 orang peserta didik (59%) yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 13 orang peserta didik (41%) yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan KD 4.3 Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi 22 orang peserta didik (69%) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 10 orang peserta didik (31%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siklus kedua pertemuan pertama, KD 3.3, Mengidentifikasi Unsur-unsur Teks Cerita Fantasi seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM, dan pertemuan kedua KD 4.3 Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal KKM yang di tetapkan yaitu, 70. Presentase nilai dari siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan bahwa model pembelajaran Two-Stay Two-Stray dapat meningkatkan kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 05:10
Last Modified: 06 Dec 2021 05:10
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item