Dian Rusdiana, Dede (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
cover.pdf Download (297kB) |
|
Text
1. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (259kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (253kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (298kB) |
|
Text
5.DAFTAR ISI.pdf Download (329kB) |
|
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (190kB) |
|
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf Download (209kB) |
|
Text
8. DAFTAR GRAFIK.pdf Download (204kB) |
|
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (252kB) |
|
Text
10. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (427kB) |
|
Text
11. BAB II LANDASAN TEORITIS.pdf Download (510kB) |
|
Text
12. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Download (473kB) |
|
Text
13. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (340kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (270kB) |
Abstract
ABSTRAK DEDE DIAN RUSDIANA. 2019. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO-STAY TWO-STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi merupakan kompetensi dasar mata pelajaran bahasa Indoneisa dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai peserta didik kelas VII. Namun kenyataannya, di SMP Negeri 7 Taskmalaya masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah Dapatkah model pembelajaran Two-Stay Two-Stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Dapatkah model pembelajaran Two-Stay Two-Stray meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk menjelaskan dapat atau tidaknya model pembelajaran Two-Stay Two-Stray meningkatkan kemampuan mengidentifikasi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020?. Model pembelajaran Two-Stay Two-Stray meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi teks cerita fantasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil perolehan data pada siklus kesatu pertemuan pertama KD 3.3 Mengidentifikasi Unsur-unsur Teks Cerita Fantasi 19 orang peserta didik (59%) yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan 13 orang peserta didik (41%) yang sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan KD 4.3 Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi 22 orang peserta didik (69%) yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 10 orang peserta didik (31%) yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Siklus kedua pertemuan pertama, KD 3.3, Mengidentifikasi Unsur-unsur Teks Cerita Fantasi seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM, dan pertemuan kedua KD 4.3 Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi seluruh peserta didik (100%) sudah mencapai KKM sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal KKM yang di tetapkan yaitu, 70. Presentase nilai dari siklus pertama dan siklus kedua menunjukkan bahwa model pembelajaran Two-Stay Two-Stray dapat meningkatkan kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur dan Menceritakan Kembali Isi Teks Cerita Fantasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 05:10 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 05:10 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3221 |
Actions (login required)
View Item |