USMAN, ALI (2020) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI SE-KOTA BANJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (53kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
06. KATA PENGANTAR.pdf Download (149kB) |
|
Text
07. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (86kB) |
|
Text
08. DAFTAR ISI fix.pdf Download (88kB) |
|
Text
09. DAFTAR GAMBAR fix.pdf Download (83kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL fix.pdf Download (95kB) |
|
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
12. BAB 1.pdf Download (185kB) |
|
Text
13. BAB 2.pdf Download (287kB) |
|
Text
14. BAB 3.pdf Download (617kB) |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
|
Text
16. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
Abstract
ABSTRAK ALI USMAN. 2020. Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri se-Kota Banjar. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Parameter keberhasilan suatu pendidikan terefleksi dari hasil belajar yang diperoleh. Pada kenyataanya hasil belajar ekonomi di SMA Negeri se-Kota Banjar belum mendapatkan hasil yang optimal, hal ini terbukti dari hasil rata-rata ujian nasional mata pelajaran ekonomi. Sejak tahun 2015 sampai dengan tahun 2019 selalu mengalami fluktuatif. Kemudian disisi lain pada tahun 2019 dari total siswa jurusan IPS sebanyak 457 hanya ada 11,16% saja. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan desain eksplanatorik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 469 siswa dan sample berjumlah 216 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data diolah dan dianalisis secara deskriptif untuk mendeskripsikan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual serta hasil belajar ekonomi. Kemudian uji analisis statistik mengunakan regresi linier berganda dengan taraf signifikansi 5% menggunakan program SPSS 26. Hasil analisis data dengan regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = -3,100 + 0,653X1 + 0,060X2 + 0,266X3, artinya kecerdasan intelektul, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (i) secara parsial kecerdasan intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi yang terlihat dari nilai signifikansinya sebesar 0,000 (<0,05), (ii) secara parsial kecerdasan emosional brepengaruh positif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar ekonomi yang terlihat dari nilai signifikansinya sebesar 0,494 (>0,05), (iii) secara parsial kecerdasan spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa dengan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), dan (iv) kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang terlihat dari nilai signifikansi untuk uji F adalah 0,000 (<0,05). Nilai R2 sebesar 0,654. Hal ini menunjukkan bahwa 65,4% hasil belajar ekonomi siswa dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual, sedangkan sisanya 34,6% dipengaruhi faktor�faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Belajar, Emosional, Hasil, Intelektual, Kecerdasan, Spiritual.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 04:44 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 04:44 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3214 |
Actions (login required)
View Item |