PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI JUS SAYURAN

MAULANA IQBAL, WILDAN (2021) PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI JUS SAYURAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI FINAL WILDAN M IQBAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI JUS SAYURAN Oleh: Wildan Maulana Iqbal 165009064 Dosen Pembimbing: Hj. Rina Nuryati H. Unang Sayuran merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Konsumsi sayuran pada masyarakat perlu ditingkatkan diantaranya dengan mengkonsumsi jus sayuran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam membeli jus sayuran dan untuk mengetahui faktor – faktor serta variabel dominan yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli jus sayuran. Penelitian dilakukan pada penjual jus sayuran P’Godash Hydroponic di Taman Kota, Kota Banjar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak 50 responden. Pengumpulan data melalui wawancara dengan responden menggunakan kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis faktor. Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei 2020 sampai Maret 2021 Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam membeli jus sayuran karena alasan untuk menjaga kesehatan dengan frekuensi pembelian sebanyak 1 kali dalam seminggu. Selain itu, perilaku konsumen juga ditunjang oleh faktor pribadi yang didalamnya terdapat karakteristik dan gaya hidup konsumen. Dari hasil penelitian ini juga diketahui terdapat 3 faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membeli jus sayuran. Ketiga faktor tersebut berdasar urutannya dari yang paling dominan adalah faktor promosi (25,71 %), faktor tempat (24,95 %) dan faktor produk (14,21%). Variabel – variabel yang dominan dipertimbangkan konsumen dalam membeli jus sayuran untuk faktor promosi adalah variabel promosi (factor loading sebesar 0,772), faktor tempat adalah variabel kenyamanan (factor loading sebesar 0,901) dan yang terakhir faktor produk adalah variabel manfaat (factor loading sebesar 0,805). Kata kunci: Analisis Faktor, Jus Sayuran, Perilaku Konsumen

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:21
Last Modified: 06 Dec 2021 04:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3210

Actions (login required)

View Item View Item