PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Kelas X SMK Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Nurmilah, Fevi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Kelas X SMK Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
draf skripsi fevi 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Menganalisis dan Mengonstruksi Tesk Negosiasi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Menganalisis dan mengonstruksi teks negosiasi merupakan salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas X SMK/Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi. Namun kenyataanya, masih banyak guru yang merasa belum menemukan metode pembelajaran yang tepat untuk mencapai kompetensi dasar tersebut salah satunya di SMK Negeri 3 Tasikmalaya. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis melaksanakan penelitian eksperimen. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan menganalisis dan mengontruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Group Investigation yang diujicobakan terhadap pembelajaran menganalisis dan mengonstruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Tasikmalaya sedangkan sampel yang diambil adalah kelas X DKV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X DKV 4 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan uji normalitas diketahui ada data yang berdistribusi tidak normal, sehingga uji perbedaan data dilanjutkan dengan uji Wilcoxon menggunakan software SPSS 20 diketahui asymp.sig dari nilai pre test pengetahuan menganalisis teks negosiasi kompetensi dasar 3.11 adalah 0,190, pre test keterampilan mengonstruksi teks negosiasi kompetensi dasar 4.11 adalah 0,000, post test pengetahuan menganalisis teks negosiasi kompetensi dasar 3.11 adalah 0,469 dan post test keterampilan mengonstruksi teks negosiasi kompetensi dasar 4.11 adalah 0,074. Dari angka-angka tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima. Artinya model pembelajaran Group Investigation berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan peserta didik di kelas X SMK Negeri 3 Tasikmalaya dalam menganalisis dan mengonstruksi teks negosiasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 06 Dec 2021 04:04
Last Modified: 06 Dec 2021 04:04
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3207

Actions (login required)

View Item View Item