PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 dan 2017)

SARAGIH, FERY LEONARDO (2021) PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Survei Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 dan 2017). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Fery Leonardo Saragih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian perilaku konsumtif pada mahasiswa di jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 dan 2017. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Literasi Ekonomi dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif pada mahasiswa. Penelitian menggunakan metode survey dengan design explanatory research. Populasi penelitian merupakan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 dan 2017 sebanyak 234 Mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu proportionate stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 148 Mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Literasi Ekonomi dan Konformitas Teman Sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Dengan diperoleh nilai koefisien ( ) sebesar 0,425 atau 42,5% artinya sebesar kontribusi variabel bebas Literasi Ekonomi dan Konformitas Teman Sebaya terhadap variabel terkait Perilaku Konsumtif sebesar 42,5% dan sisanya 57,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini dan hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa nilai f hitung terdapat pengaruh positif antara variabel bebas (X1) dan variabel bebas (X2) terhadap variabel terikat (Y) yang ditunjukkan dengan persamaan Y = 3.948 +0,212 X1 + 1,171 X2. Berdasarkan hasil hipotesis diketahui bahwa nilai 53,564 lebih tinggi dari 3,06 yang artinya literasi ekonomi dan konformitas teman sebaya secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap perilaku pembelian konsumtif. Kata kunci : literasi ekonomi, konformitas teman sebaya, perilaku konsumtif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Dec 2021 03:19
Last Modified: 06 Dec 2021 03:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3200

Actions (login required)

View Item View Item